DATA MOVEMENT & DISTRIBUTION DATABASE

Data Movement
Proses data movement ini adalah memindahkan (dapat diakatakan membackup juga) data – data dari database yang berupa data indeks, grand, schema, dan lain – lain ketempat baru. Tempat baru ini bisa ke dalam database baru atau memang untuk dibackup saja.

Data movement terdiri dari 2 bagian besar yaitu :
• Load & Unload [difokuskan untuk memindahkan data yang berupa indeks atau data itu sendiri alias isi dari database tersebut]
• Export & Import [memindahkan data secara lengkap, mulai dari grand, schema, dan seluruhnya]

Jika dilihat, load tersebut berhubungan dengan import, dan upload berhubungan dengan export.

• Load berfungsi untuk memasukan data / transaksi ke sebuah table. Dapat dikatakan juga insert, replace, atau update.
• Sedangkan unload digunakan untuk membaca data dari table dan menyimpannya dalam bentuk sebuah file.
Kelemahan load adalah dalam prosesnya bisa saja terjadi data yang tidak berpindah secara sempurna atau sering kita sebut Corup.

Bulk Data Movement

Kombinasi dari UNLOAD dan LOAD data, Bulk Data Movement adalah salah satu metode yang digunakan DBA untuk memindahkan sejumlah besar data dari satu tempat ke tempat yang lain.
Ada beberapa metode yang lain untuk memindahkan data dengan kuantitas yang besar

EX :
1. ETL adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk melakukan data movement. ETL singkatan dari extract, transform, and load.
2. Replication and Propagation, software yang memonitoring source database dan target, dan yang dihasilkan oleh software ini adalah pencatatatn log.

Perlu diperhatikan juga hak akses dalam load & unload, import & export minimal adalah akses select.

Distribution Database

Dalam distribution database terdapat 3 istilah yaitu :
• Autonomi [idependent], untuk tabel umum akses yang diberikan berbeda dari setiap user. (Autonomy : menunjukkan tingkat penggunaan secara independent masing-masing distributed database)
• Isolation [stand alone], untuk tabel khusus (privacy) itu terpisah dari user.
(Isolation : menunjukkan apakah setiap site memiliki keterkaitan dengan site lain dalam distributed environtment, atau setiap site berdiri sendiri )
• Transparancy [all user], akses tabel terpisah dari user tetapi user masih dapat mengaksesnya. Transparency : menunjukkan lapisan data lokasi dari user sampai aplikasi
Comments
0 Comments